Minggu, 09 Juni 2019

Perusahaan dan akuntansi

1.1 jenis perusahaan dan bentuk organisasinya
Perusahaan adalah sebuah organisasi yang beroperasi dengan tujuan menghasilkan keuntungan, dengan cara menjual produk (varang atau jasa) kepada para pelanggannya. Tujuan operasional dari sebagian besar perusahaan adalah untuk memaksimalkan profit. Di samping itu, ada juga jenis perusahaan yang memang dalam kegiatan usahanya lebih diprioritaskan pada pelayanan kepada masyarakat; jenis organisasi ini dinamakan organisasi nir-laba (bob profit). Contoh organisasi nir-laba adalah yayasan contohnya, rumah sakit, sekolah, perguruan tinggi dan instansi pemerintah.
          Ditinjau dari jenis usahanya (produk yang dijual), perusahaan dapat dibedakan menjadi :
* perusahaan manufaktur
Perusahaan jenis ini mengelola atau mengubah bahan mentah (raw material) menjadi barang jadi (final goods), baru kemudiaan dijual kepada para pelanggan.
Contoh perusahaan jenis ini adalah perusahaan perakit mobil, komputer, dan sepatu
* perusahaan dagang
Perusahaan jenis ini menjual produk (barang jadi) akan tetapi perusahaan tidak menambah nilai jual produk tersebut dan tidak memproduksi produk tersebut melainkan membeli atau memperolehnya dari perusahaan lain.
Contoh : indomaret, alfamaret dan pasar modern.
* perusahaan jasa
Perusahaan jenis ini tidak menjual barang tetapi menjual jasa kepada pelanggannya.
Contoh : jasa angkut, jasa konsultan, dan telekomunikasi.


1 komentar:

Aset tidak berwujud

Definisi aset tidak berwujud Apa yang sebenarnya dimaksud dengan aset tidak berwujud? Aset tidak berwujud adalah aset nonmoneter yang dapat...